Jelajah Nusantara Bareng Emak

by - April 03, 2018

"De, kemaren tante A dari Padang mampir ke masjid Raya Sumatera Barat. Bagus banget lho de. "

"gie, kemaren rombongan arisan tante B ke Medan lho. Liat Danau Toba, ke Brastagi, wisata kuliner di kota medan, duh enak banget deh."

"Temen mama masa mau ke Aceh, liat museum tsunami sama masjid raya Baiturrahman de, kapan ya kita ke sana? "

Oke, tarik nafas dulu...




Assalammu'alaykum reads,

Apa kabar ? Alhamdulillah kabar gie dan emak sehat, tuh si emak udah kepengen jalan lagi. Gegara ngeliat berbagai iklan di tipi plus temen temen nya seliweran posting foto di sosial media, jadi pengenlah dia jalan-jalan.

Salah satu cita-cita gie adalah membahagiakan mama, mengajaknya jalan-jalan menikmati keindahan alam dan bertafakur akan ciptaan Nya selama masih sehat dan masih muda *ecieee*😂😂😂

Makanya, setahun terakhir mama minta jalan-jalan kemana gie berusaha mewujudkannya. Hanya mengharapkan ridho emak dan kebahagiaannya, maklum aja kan ane anak semata wayang #ahey 😆😉


Jelajah Nusantara sudah ada dalam wishlist kita sejak lama, memang belum banyak kota dan pulau yang kita kunjungi. Sejauh ini kami baru sampai Bali di Timur dan Palembang di barat. Makanya gie pengen banget ngajak mama keliling Indonesia. Karena apa ? Karena Indonesia sangat indah dan kaya akan budaya, pesona dan tentunya kuliner yang wajib dicoba.

Jelajah Nusantara Bersama Mama

Wilayah Sumatera

Padang dan Medan menjadi dua kota yang berada di paling atas. Selain Aceh dan Belitung, kenapa ? Nih gie ceritain yaa... 😆😂

Mama Papa Uni Alvi di Masjid Raya Sumbar

  1. Padang : Mama kepengen banget (gie juga)  berkunjung ke Masjid Raya Sumatera Barat, wisata kuliner, wisata sejarah dan wisata alam di sana. Padang, cerita malin kundang dan siti nurbaya yang membuat gie awalnya penasaran jaman sekolah dulu. 
  2. Medan : Keindahan Danau Toba yang sudah mahsyur di dunia tidak bisa dilewatkan. Berbagai cerita sejarah maupun mitos membuat gie semakin penasaran, apalagi bisa berkunjung ke pulau samosir, belum lagi mampir ke brastagi dan wisata kuliner di kota medan. Duh, sambil nulis aja gie udah ngebayangin berbagai kuliner sambil ngeces. 
  3. Aceh : Bikin Penasaran banget negeri serambi mekah ini. Kalau baca buku sejarah, rakyat acah berperan sangat penting pada kemerdekaan Indonesia. Berkunjung ke pulau Sabang, Masjid Baiturrahman dan tentunya museum tsunami. Nggak lupa dong wisata kuliner khas aceh yang kaya akan rasa rempahnya yang kuat. 
  4. Belitung : Sebenernya teracuni gegara film Laskar Pelangi sih. Pantainya yang Indah, pemandangan alam yang tak biasa serta mencicipi kopi dari berbagai warung yanv ada di sana. 

Wilayah Nusa Tenggara

Pulau Komodo menjadi salah satu destinasi impian, mengunjungi nusa tenggara timur yang masih alami dan indah juga jadi salah satu wishlist gie. Apalagi sejak melihat keindahan berbagai film yang mengambil latar belakang di sana, dengan segala keterbatasannya Nusa Tenggara adalah salah satu keindahan alam yang patut dijaga. 

Wilayah Kalimantan dan Sulawesi

  1. Pontianak : Pengen banget liat kota yang dilalui garis khatulistiwa ini. Kalau pelajaran IPS dulu suka berandai-andai minjem pintu kemana saja Doreaemon 
  2. Palangkaraya : Penasaran sama kota yang sering banget jadi wacana ibu kota negara. 
  3. Manado dan Makassar, mungkin karena berbagai cerita indah temen dan saudara yang sudah ke sana bahkan pernah tinggal di sana gie jadi penasaran. 

Wilayah Irian Jaya

Entah kenapa gie lebih suka menyebut Irian daripada Papua. Karena dibalik nama Irian Jaya terdapat semangat nasionalisme yang tinggi. 

Merauke, menjadi tujuan utama gie ke Irian. Kenapa ? Karena lagu nasional kita :

"Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia. .."

Ah. ..banyak sekali mimpi gie untuk keliling Indonesia. Bahkan dulu, pernah bercanda dengan almarhum pengen honeymoon keliling Indonesia atau minta dia dipindah tugas terus keliling Indonesia 😂😆

Nah, berhubung belum kesampaian jadilah sementara ini Jelajah Nusantara sama emak dulu. Lagian si Emak kepengen bener ke Padang dan Medan, jadi rencananya next destinantion ke Padang dan Medan.


Kapan gie ? Cucok marucok banget kalau bulan Mei ada 2 long weekend, modal cutin1 hari aja udah dapat 3-4 hari liburan, enak kan (langsung cek tanggal). Tips ini gie dapet setelah baca dan bergaul dengan temen-temen blogger yang bekerja. Mereka menyiasati liburan dengan sesedikit mungkin cuti.

Berburu Tiket Pesawat bikin deg-deg ser juga lho wkwkwkwkk, maklum aja tiket domestik kebanyakan lebih mahal daripada tiket ke Luar Negeri. Tapi jangan keki dulu, berkat informasi dari Bang Gustav gie kenalan sama Skyscanner 😉😆

Di skyscanner gie bisa cari tiket pesawat dengan harga terjangkau, bahkan sekelas Tiket Garuda pun bisa ditemukan di sini. Pastinya harga masih aman dong 😎 *penting.

Tiket Pesawat : ceklis
Penginapan : ceklis
Jangan lupa buat garis besar rencana perjalanan, buat apa ? Gie pribadi untuk menentukan waktu dan jarak, maklum jalannya kan sama emak, nggak mungkin dong emak diajak keliling nggak jelas. Mesake nanti si emak kecapekan nggak jelas (alasan gie aja sih wkwkwkwk soalnya yang sering capek ya gie 😆😝)

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner

Wassalam,
Love ^^
gie

You May Also Like

18 comments

  1. Aku seringnya jalan-jalan sama ibu, jalan sama temen k luar kota belum pernah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali bolehlah dicoba, menarik lho 😉

      Delete
  2. Semoga terwujud atu2 ya Jeung, kayaknya Belitung paling murah tiket pesawatnya. Asal ga weekend ya, hehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih Jeng.

      Percaya sama yang sering ke sana mah wkwkwkwk.

      Delete
  3. Pokoknya km harus maen k padang..kelilingin semua daerah sumbar..tp kl menurut aq kl cuma 3-4 hr kurang ngi..heheh semoga nnti aq bisa ajak km dan mamaa k kampungku..di jamin betah n kenyang sama makanan bukittinggi..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, wah kudu seminggu dong uni wkwkwkwk.

      Sehat sehat ya Uni and Deby, sudah menghitung hari ni.

      Delete
  4. Bulan depan tuh banyak yang tanggal merah harpitnas, cucok buat jalan-jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, pas sebelum puasa dan habis gajian *eaaa

      Delete
  5. Salah satu resolusiku thn ini ngajakin keluarga jln2 sebelum aku merit, mudah2an kesampean hihi.
    Seru banget ya jelajah nusantara sama keluarga kek gini.

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  6. bahagia itu sederhana, menikmati waktu bersama keluarga... apalagi kalau anak rantau... hiks..

    ReplyDelete
  7. Semoga kesampaian travelling ke seluruh pelosok Indinesia ya,kak.
    Harapanku juga begitu.

    Syukur2 bisa ngajak mama sekalian travelling bersama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, smg doa dan harapannya juga terkabul.

      Delete
  8. wah jarang-jarang nih ada traveler yang ngajak emaknya. salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamaci Piri, iyah ngajak emak lebih hepi nih piri biar rezeki juga nambah :D

      Delete

Syukron for coming ^^